Peluang Bisnis Dalam Industri Gaming

Selama beberapa tahun terakhir, dunia game mengalami peningkatan popularitas di seluruh dunia. Indonesia menjadi salah satu pasar industri game terbesar di dunia. Terutama game mobile atau permainan video yang dimainkan melalui telepon seluler, komputer tablet, ataupun konsol. Berdasarkan laporan We Are Social jumlah gamers Indonesia terbanyak ketiga di dunia setelah Filipina dan Thailand.

Dulu saat kita bermain game mungkin selalu dimarahi oleh orang tua kita, namun sekarang disaat game sudah menjadi salah satu cabang olahraga internasional apakah mereka masih memarahi kita?

Biasa kita sebut Esports yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita, Esport makin menegaskan diri sebagai cabang olahraga setelah dipertandingkan pada multievent yaitu Asian Games 2018, SEA Games 2019, dan PON Papua 2020. 

Tidak hanya menjadi cabang olahraga, sekarang bermain game juga bisa menjadi lahan untuk mencari cuan. Sudah banyak juga gamer yang sukses menjadi tenar dari hasil memanfaatkan game menjadi pekerjaan tetap. Namun bagi sebuah brand, Esport dapat menjadi peluang bisnis yang memiliki nilai marketing cukup tinggi. 

Statistik dari tahun 2019 menunjukkan bahwa pendapatan Esports global melebihi angka $1 miliar dengan jumlah penonton meningkat menjadi 454 juta penonton yang terdiri dari penggemar esports dan penonton yang hanya menonton sesekali saja. Brand sekarang mengakui nilai pemasaran Esports. Banyak yang bekerja dengan Esport marketing agency untuk menghubungkan mereka dengan komunitas game melalui sponsorship ataupun kampanye tertentu.

Ada berbagai strategi yang dapat digunakan brand untuk mengembangkan bisnis mereka diranah Esport. Seperti berkerjasama dengan influencer Esport yang dapat membantu brand menciptakan pengalaman marketing yang unik untuk audiens mereka. Esport influencer marketing dapat berlangsung di situs streaming seperti YouTube, Facebook, dan Tiktok.

Source: Google

Kedua, yaitu membuat tim Esport yang bisa menjadi marketing strategi untuk membantu brand dapat berhubungan langsung dengan komunitas gaming dan memasarkan brand anda ke audiens yang berdedikasi. Selain itu brand juga dapat mengambil kesempatan Esport sponsorship seperti mensponsori tin, turnamen, maupun gamer. Hal ini juga sudah dilakukan oleh beberapa brand teknologi seperti Acer, Asus, Razer, Realme, dan masih banyak lagi.

Terakhir, anda bisa menjadi tuan rumah turnamen Esport yang bisa menjadi salah satu saluran brand anda untuk masuk ke dunia Esport. Acara semacam ini akan membantu brand untuk menarik generasi muda yang merupakan penggemar Esport. 

Ekspansi industri esports telah membawa peluang yang lebih efektif dan menguntungkan bagi pemasar. Alih-alih mengganggu industri, brand bekerja mencari cara untuk menjadi bagian dari Esport. Mensponsori turnamen dan mendukung elemen game adalah cara brand mengklaim bagian dari industri esports. Namun, keberhasilan brand ini bergantung pada bagaimana mereka terlibat dan terhubung dengan audiens mereka di platform game.