Di masa krisis dan perubahan, jurnalis memainkan peran penting dalam masyarakat

Perang berkecamuk di jantung Eropa, dengan pertempuran yang tidak masuk akal diperkirakan akan membuat musim dingin yang panjang dan sulit. Akibatnya, harga pangan dan bahan bakar melonjak, menandakan kelaparan dan kesulitan, paling tidak bagi masyarakat rentan yang jauh dari konflik.

Ketegangan yang meningkat di Asia Timur, di tengah persaingan antara Amerika Serikat dan China, membuat Taiwan menjadi kotak korek api yang dapat berkobar menjadi konfrontasi besar yang tidak diinginkan siapa pun, atau mungkin tidak dapat dikendalikan begitu dimulai.

Dengan latar belakang ini, banyaknya liputan tentang cuaca ekstrem – banjir besar, kebakaran hebat, dan kekeringan yang menghancurkan – di seluruh dunia, meningkatkan alarm bahwa krisis iklim semakin sulit ditangani dari hari ke hari.

Tidak heran jika audiens mengatakan bahwa mereka lelah dengan berita-berita tersebut. Orang-orang cemas tentang perkembangan saat ini dan ke mana arahnya.

Bagaimana jurnalisme berlanjut di saat-saat kritis dunia, Warren Fernandez memaparkan wawasannya. Warren, merupakan Presiden World Editors Forum, jejaring editor di bawah World Association of News Publishers, dan juga Pemimpin Redaksi The Straits Times di Singapura. Wawasannya tersebut, berikut ini:

Berita palsu dan informasi yang salah menambah malaise. Beberapa di antaranya sengaja disebarkan, untuk mempengaruhi opini publik, tetapi banyak juga yang dibagikan secara polos, bahkan tanpa berpikir, di platform media sosial. Namun, pembatasan untuk memeriksa yang pertama dapat membatasi interaksi yang sah.

Pada saat-saat seperti ini, Hari Berita Sedunia, yang diperingati 28 September, menjadi lebih penting. Hari ketika kita merenungkan bagaimana jurnalisme dapat membuat perbedaan, dan mengapa hal itu sangat penting.

Jurnalis di ruang redaksi profesional memiliki peran penting dalam menjaga kesejahteraan masyarakat yang mereka layani. Demokrasi kita bergantung pada mereka untuk melakukannya, secara efektif dan terarah.

Bagaimana cara terbaik untuk melakukannya?

“Menurut saya, kita perlu fokus pada penyampaian informasi, wawasan, dan inspirasi,” Warren menekankan.

Informasi yang kredibel — berdasarkan fakta, andal, dan tepat waktu — tetap penting jika kita ingin berdebat, dan masuk akal, tentang cara mengatasi tantangan yang kita hadapi dan mencari jalan ke depan. Meskipun kita semua mungkin berhak atas pendapat kita, kita tidak berhak atas fakta kita sendiri. Tanpa kesepakatan apapun bahkan pada fakta-fakta dasar, diskusi demokratis direduksi menjadi hiruk-pikuk pernyataan, di mana “yang terbaik tidak memiliki semua keyakinan, sementara yang terburuk penuh dengan intensitas yang penuh gairah,” seperti yang dikatakan Yeats.

William Butler Yeats, hidup antara 13 Juni 1865-28 Januari 1939, seorang penyair, dramawan, penulis, dan salah satu tokoh terkemuka sastra abad ke-20 Irlandia.

Jurnalisme berbasis fakta membutuhkan kerja keras yang sungguh-sungguh dari para reporter, pemeriksaan silang dan kontrol kualitas tanpa henti oleh para editor, serta analisis dan interpretasi otoritatif oleh para komentator berpengalaman.

Tidak mengherankan, di zaman kebingungan ini, penonton mencari suara tepercaya, yang dapat mereka andalkan untuk menyampaikan laporan yang andal dan komentar yang berwawasan luas. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa selain berita, pemirsa menghargai penjelasan, latar belakang, analisis — baik online, video, atau melalui buletin.

Di luar ini, dihadapkan dengan gelombang malapetaka dan kesuraman yang tiada henti, orang juga menginginkan inspirasi. Mereka ingin mendengar tentang kemungkinan solusi untuk masalah yang dihadapi, serta mereka yang melangkah untuk mengatasinya. Begitu juga konten yang berusaha menyinari sudut-sudut gelap, dan menyuarakan komunitas dan subjek yang lebih sering diabaikan atau diabaikan.

“Izinkan saya mengutip satu contoh: serial video berjudul ‘Invisible Asia’, di mana rekan-rekan saya dari The Straits Times menyoroti orang-orang yang hidup dalam bayang-bayang masyarakat mereka, yang sebagian besar tidak terlihat dan tidak terdengar,” kata Warren.

Ini termasuk burakumin yang dikucilkan atau “tak tersentuh” di Jepang, dengan kesulitan yang dialami oleh pembersih saluran pembuangan di India modern dan tentara pekerja migran yang diam-diam di China, serta rasa keterasingan yang dihadapi oleh pengantin wanita yang tidak curiga yang diselundupkan dari luar negeri buat menikah dengan seorang pria di Singapura.

Serial ini dianugerahi hadiah utama untuk jurnalisme video investigatif/perusahaan di Editor & Publisher EPPY Awards 2021.

Banyak lagi contoh bagaimana jurnalisme telah memberikan dampak dapat ditemukan di situs web Hari Berita Sedunia. Pepatah lama di ruang redaksi, “tunjukkanlah, jangan beri tahu,” berlaku di sini.

Pada saat Orwellian menganut “perang-adalah-damai, kebebasan-adalah-perbudakan” berbicara ganda dan kampanye informasi yang salah yang disponsori negara merajalela, tampaknya tepat untuk beralih ke filsuf jurnalistik, George Orwell, untuk mendapatkan inspirasi pada Hari Berita Dunia.

Dalam esainya tahun 1946, Why I Write, Orwell berargumen bahwa semua tulisan, tetapi mungkin terutama upaya jurnalistik, memiliki tujuan politik, serta pencarian untuk menceritakan kisah yang baik dengan baik.

Kata-katanya terdengar benar hari ini. Dia menulis: “Titik awal saya selalu perasaan keberpihakan, rasa ketidakadilan.

“Ketika saya duduk untuk menulis buku, saya tidak berkata pada diri sendiri, ‘Saya akan menghasilkan sebuah karya seni.’ Saya menulisnya karena ada beberapa kebohongan yang ingin saya ungkapkan, beberapa fakta yang ingin saya ungkapkan yang menarik perhatian, dan perhatian awal saya adalah untuk mendapatkan pemeriksaan.

“Tetapi saya tidak dapat melakukan pekerjaan menulis buku, atau bahkan artikel majalah yang panjang, jika itu juga bukan pengalaman estetis… Saya tidak dapat, dan tidak ingin, sepenuhnya meninggalkan pandangan dunia yang saya peroleh di masa kanak-kanak. Selama saya tetap hidup dan sehat saya akan terus merasa kuat dengan gaya prosa…

“Pekerjaannya adalah untuk mendamaikan suka dan tidak suka yang sudah mendarah daging dengan aktivitas publik dan non-individu yang pada dasarnya dipaksakan oleh zaman ini pada kita semua.”

Begitulah dulu, dan tetap begitu, hingga kini.

Source: https://www.alinea.id/media/di-masa-krisis-dan-perubahan-jurnalis-memainkan-peran-penting-dalam-masyarakat-b2frV9HjN