Keuntungan Berbisnis Lewat Media Sosial

Social Media Marketing/ Freepik.com
Source: Freepik.com

Perkembangan dunia digital telah membentuk strategi pemasaran suatu perusahaan yang terus berkembang. Ditambah tingginya aktivitas masyarakat Indonesia dalam bermedia sosial, menjadikannya tak boleh ketinggalan untuk jadi elemen pengembangan bisnis.

Tak bisa dipungkiri, media sosial kini menjadi terobosan baru sebagai upaya pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) maupun bisnis secara keseluruhan dengan pemasaran berbasis media sosial atau disebut social media marketing.

Masyarakat modern saat ini tidak hanya menggunakan media sosial sebagai saran untuk bersosialisasi dengan orang. Namun, juga menawarkan berbagai macam peluang baru bagi perusahaan, UMKM, pelaku bisnis untuk mempromosikan produk dan layanan mereka.

Laporan We Are Sosial menunjukkan, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 167 juta orang pada januari 2023. Adapun waktu yang dihabiskan bermain media sosial di Indonesia mencapai 3 jam 18 menit setiap harinya. Jadi, potensi menggaet konsumen di media sosial sangat besar bukan?

Selain harus adaptif di era digital, ada banyak keuntungan saat berbisnis melalui media sosial, yaitu:

  1. Menghemat Budget Marketing
    Pemasaran digital tidak perlu mencetak baliho besar yang dipinggir jalan untuk meningkatkan awareness. Pelaku bisnis hanya perlu membuat akun media sosial dan mengunggah konten secara gratis.
  2. Target Lebih Terukur
    Social media marketing justru dapat mengatur target iklan secara terukur dan detail mulai dari umur, gender, demografi baik dalam negeri hingga luar negeri.
  3. Efisien dan Efektif
    Karena tak perlu mencetak baliho yang memakan banyak waktu, pelaku bisnis bisa memanfaatkan social media marketing untuk membagi informasi terkait bisnis dengan lebih cepat karena akan langsung muncul di linimasa media sosial warganet. Selain itu, pelaku bisnis bisa memantau, merespons atau berinteraksi dengan konsumen.
  4. Kolaborasi Lebih Luas
    Maraknya penggunaan social media marketing untuk sarana pengiklanan memunculkan metode iklan baru berupa endorsement yang melibatkan influencer atau figur publik untuk mempromosikan suatu produk.