Mencari Cuan Lewat Aplikasi Tik Tok

Ilustrasi gambar : google

Hari gini siapa sih yang enggak tahu aplikasi TikTok? Yap, aplikasi yang merupakan salah satu platform media sosial yang perkembangannya paling cepat di dunia. Setelah berhasil meraih kepopuleran di negara asalnya yaitu Tiongkok, TikTok mulai melebarkan sayapnya dengan mengembangkan ke berbagai negara, salah satunya ke Indonesia.

Dilansir dari berbagai sumber, pada September 2016, perusahaan China, ByteDance meluncurkan aplikasi video pendek bernama Douyin. Dalam waktu 1 tahun, Douyin memiliki 100 juta pengguna dan 1 miliar tayangan video setiap hari. Setelah popularitas Douyin naik, Douyin merubah nama menjadi TikTok. Oh iya, kalau kalian masih ingat aplikasi Musical.ly, ByteDance mengakuisisi aplikasi musical.ly dan menggabungkan TikTok pada akhir tahun 2017 untuk meningkatkan potensi meraih pasar Internasional. Saat ini, aplikasi TikTok digandrungi oleh banyak orang di dunia termasuk di Indonesia. Di Indonesia sendiri pengguna TikTok berasal dari berbagai kalangan dari masyarakat biasa hingga public figure, terutama pada usia milenial.

Dalam aplikasi TikTok beragam konten bisa ditemukan, diantaranya konten unik, video kreatifitas, video resep masakan, dance, bernyanyi, lipsync lagu, video lucu, atau sekedar curhatan si pengguna. Eits tapi enggak cuma itu aja, sekarang TikTok juga bisa menjadi media untuk promosi dan juga lahan bisnis, lho. TikTok shop adalah platform komersial yang terintegrasi langsung dengan aplikasi TikTok yang memiliki tujuan memfasilitasi pedagang untuk menawarkan produk kepada pengguna TikTok. Nah, para pengguna aplikasi ini nantinya bisa mendapatkan kemudahan untuk membeli produk dengan beberapa ketentuan.

Mencari pundi-pundi cuan lewat aplikasi TikTok

Pengguna TikTok semakin meningkat setiap tahunnya. Dilansir dari berbagai sumber, fakta ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara pengguna TikTok terbanyak pada tahun 2021. Dengan jumlah pengguna yang terus meningkat dan fitur-fitur yang ditawarkan seperti TikTok shop dan TikTok Ads, para pedagang dapat memanfaatkan TikTok untuk berjualan. Jika ingin mempromosikan barang jualan bisa menggunakan fitur TikTok Ads, TikTok Ads adalah salah satu strategi pemasaran digital membuka peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis dengan memasang iklan. Sama dengan halnya pemasangan iklan pada platform media sosial lain, sebelum memasang iklan jangan lupa untuk memperhatikan waktu yang efektif untuk memasang iklan, selain itu profil audience yang akan menonton iklan juga harus diperhatikan agar tepat sasaran. Untuk budget yang dikeluarkan untuk pemasangan TikTok Ads dapat disesuaikan dengan kebutuhan, beberapa metode budget juga ditawarkan oleh TikTok Ads.

Ilustrasi : freepik

Beberapa fitur kreatif yang terdapat pada aplikasi TikTok dapat mempermudah dalam memproduksi konten yang menarik dan kekinian, buatlah konten sesering mungkin untuk bisa meningkatkan brand of voice dan brand awareness, karena konten memiliki peranan penting dalam proses promosi. Konten yang kreatif dan juga menarik tentunya akan cepat mencuri perhatian dari audiens. Jika berminat untuk memasang iklan di TikTok jangan lupa untuk membuat konten promosi berupa soft selling dan unik agar lebih mudah viral dan masuk FYP.

Strategi marketing lainnya yang bisa dijajal di TikTok yaitu dengan menggunakan hashtag (#) pada konten yang telah dibuat. Hashtag atau tanda tagar membuat konten yang berisi produk tersebut lebih mudah ditemukan karena konten video di TikTok sangatlah bergantung pada hashtag, coba aja kalau kamu klik menu discover pasti video yang muncul diurutkan berdasarkan dengan trending hashtag. Maka dari itu, jangan lupa sertakan konten promosi dengan hashtag yang spesifik dan bisa menjadi ciri khas pada video atau aplikasi TikTok kamu. Oh iya, mengikuti tren juga bisa lho bikin konten kamu viral, kalau kata anak ahensi istilahnya “Riding the wave”.

Selain memberikan hashtag dan mengikuti tren, enggak ada salahnya juga kalau mencoba untuk kolaborasi dengan influencer di TikTok. Sebelum menentukan influencer, sebaiknya kamu melakukan pemetaan terlebih dahulu dan membuat daftar pilihan beberapa influencer yang sedang digemari dan memiliki banyak pengikut, dan pastinya audiens mereka apakah sudah sesuai dengan target pasar kamu.

TikTok sebagai aplikasi yang dapat menghibur dan juga menjadi media sosial yang memiliki potensi besar sebagai media promosi online. Ada yang tertarik enggak nih nyari cuan lewat TikTok?