Menaklukkan Ombak Content Marketing

Ada sebuah adagium, “Content is a King”. Tapi bagaimana menjadikan konten kita sebagai raja di tengah gelombang content marketing?

Ilustrasi: Shutterstock

EKOSISTEM content marketing ibarat gelombang besar informasi yang sulit ditembus. Jika tak menguasai trik yang tepat, kita akan kesulitan mengendarai gelombang ombak yang intens dan kuat. Salah langkah, bisa jadi malah tertabrak, bahkan tenggelam.  Di sisi lain, berselancar di dunia content marketing bisa menjadi sangat membebaskan dan menggembirakan. Kuncinya, memiliki fondasi skill yang kuat sambil terus melihat peluang untuk menaklukkan ombak.

Lalu, apa yang perlu dilakukan untuk dapat mengendarai gelombang content marketing dan menjadikan konten brand/perusahaan stand out?

Tetapkan Tujuan dan Sasaran

Hal klise dan mendasar ini menjadi alasan mengapa brand/perusahaan terlibat dalam content marketing. Apakah untuk menghasilkan lebih banyak penjualan? Atau untuk membangun kesadaran brand/perusahaan yang lebih besar? Atau mendidik konsumen dengan lebih baik sehingga tim layanan pelanggan menghabiskan lebih sedikit waktu di telepon?

Dengan mengetahui tujuan dan sasaran tersebut, maka inisiatif konten akan lebih terarah. Pesan-pesan yang disampaikan dalam konten pun lebih efektif menjangkau audiens dan mencapai tujuan brand/perusahaan. Inilah inti dari konten berkualitas; yaitu konten yang memenuhi kebutuhan pengguna serta secara strategis memberikan nilai kepada brand/perusahaan pada tingkat tertentu untuk mencapai tujuan.

Inventarisasi dan Audit

Brand/perusahaan dapat menginventarisasi konten yang telah diterbitkan, meneliti data analitik aktivitas di website, insight dari berbagai platform media sosial yang digunakan, tren industri, bahkan mempelajari pesaing untuk dapat membedakan diri dari mereka. Audit juga dapat memperlihatkan efektivitas suatu konten, seperti waktu paling tepat mengunggah konten, demografi audiens, saluran distribusi konten terbaik hingga feedback audiens. Mengidentifikasi apa yang telah dilakukan brand/perusahaan dalam content marketing akan membantu mereka lebih memahami apa yang berhasil sekaligus memberi petunjuk pengembangan konten berikutnya.

Tampil Berbeda

Saat merencanakan konten, masukkan orisinalitas dan value yang unik tentang brand/perusahaan Anda. Memberikan pembeda amatlah penting mengingat audiens yang menyelam di lautan konten setiap harinya akan mencari informasi berguna dari sumber tepercaya sesuai minat mereka. Di saat yang sama, umumnya orang juga menyaring iklan sehingga brand/perusahaan sangat perlu memberikan informasi yang berguna dan relevan bagi audiens mereka.

Kepribadian dan Humanis.

Cara paling efektif menjangkau dan menarik audiens adalah dengan membentuk kepribadian pada konten Anda. Aktivitas ini menggabungkan berbagai elemen brand/perusahaan sebagai identitas seperti warna dan font tertentu pada desain.  Cara ini tidak hanya membangun citra tetapi juga memudahkan audiens mengenali brand/perusahaan berdasarkan presentasi dan atribut tersebut.

Selain itu, saat mendesain konten, fokuslah pada elemen yang menekankan aspek kunci dari pesan brand/perusahaan Anda, termasuk judul utama, subjudul, ringkasan, daftar berpoin, kutipan, dll. Cara to the point seperti ini memudahkan audiens memahami pesan Anda.

Variasi Konten

Di era content marketing, konten visual menjadi inti bagaimana sebuah brand/perusahaan dikomunikasikan.  Berikan informasi kepada audiens melalui berbagai format konten berbeda. Jika sudah memiliki website, pastikan juga audiens dapat mengakses situs tersebut dengan baik melalui perangkat seluler mereka. Kemudian beri variasi dalam konten yang brand/perusahaan Anda sajikan seperti artikel blog, infografis, video, foto, tayangan slide, ebook, bahkan meme dan gif. Terbukalah pada berbagai format konten yang dapat dibuat.

Storytelling

Tidak hanya pendekatan humanis, storytelling dan pemasaran berbasis pengalaman telah menjadi komponen inti kesuksesan dalam content marketing.  Selain berbagi informasi, brand/perusahaan juga menyusun narasi untuk berinteraksi dengan audiens dan menceritakan kisah yang lebih menarik. Bahkan, berbagai brand/perusahaan teknologi kini juga telah memakai Realitas virtual (VR) sebagai medium konten mereka. Teknologi ini memungkinkan pelanggan merasakan brand mereka secara lebih nyata ketimbang hanya membaca, menonton atau mendengarkan konten brand tersebut.

Realtime dan Solutif  

Alih-alih hanya mempromosikan brand/perusahaan, menyajikan solusi atas masalah audiens akan meningkatkan potensi keberhasilan aktivitas content marketing Anda. Di saat yang sama, berikan juga relevansi dengan situasi terkini. Konten yang bersifat realtime akan lebih mudah diterima ketimbang konten yang outdated; baik dari segi desain, narasi maupun konteksnya. Lengkapi juga aktivitas content marketing Anda dengan memberi tanggapan atas feedback audiens sesegera mungkin untuk menjaga engagement dan kepercayaan mereka terhadap brand/perusahaan Anda.

Hadir di Mana Saja  

Perkembangan teknologi gadget dan tren komunikasi digital menjadikan website tidak lagi sebagai saluran utama informasi brand/perusahaan. Artinya, brand/perusahaan perlu hadir pada berbagai platform digital dan perangkat.  Buatlah desain responsif untuk mobile website sehingga informasi brand/perusahaan Anda ditampilkan dengan benar. Hadirlah juga di berbagai platform media sosial mengingat kini audiens menghabiskan sebagian besar waktu mereka di media sosial. Brand/perusahaan perlu juga tetap mendistribusikan konten melalui saluran lainnya seperti buletin email, pemberitahuan browser hingga mengiklankan konten. Pastikan mengecek saluran mana yang paling efektif untuk konten brand/perusahaan Anda. Selain itu, pertimbangkan juga metode distribusi konten lainnya seperti bergabung dengan komunitas tertentu, mengajak pengguna membuat konten tentang brand/perusahaan Anda (user generated content) hingga melibatkan influencer.

Evaluasi, Perbaiki, Ulangi

Satu hal yang sering terlewatkan dalam proses content marketing adalah evaluasi. Padahal, proses ini penting untuk mengukur keberhasilan konten dan kampanyenya. Mengevaluasi keberhasilan konten dilakukan dengan menentukan terlebih dulu berbagai metrik untuk dilacak termasuk yang terkait dengan konsumsi, berbagi (shares), dan penjualan (conversion). Membandingkan data-data tersebut secara berkala akan melatih Anda menemukan loophole yang dapat menjadi ruang perbaikan sehingga aktivitas content marketing brand/perusahaan Anda pun akan lebih efektif seiring berjalannya waktu.

Kini maupun nanti, konten akan tetap menjadi fundamental sebuah pengalaman digital; namun tren kesukaan audiens terhadap konten niscaya berubah setiap saat. Di sinilah kemampuan brand/perusahaan mengolah konten diuji. Menguasai trik yang tepat akan sangat menentukan apakah brand/perusahaan Anda dapat menunggangi gelombang ombak content marketing, tertabrak, atau bahkan tenggelam.

Sekarang, Anda bebas menentukan apakah akan mengendarai ombak, atau menciptakan ombak sendiri. Namun, jangan berselancar sendirian. Biarkan kami, Diginusantara, berselancar bersama Anda. [*]